Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Sosialisasi PP Nomor 16 Tahun 2010

Bahwa dalam rangka realisasi program kerja hasil RAKERNAS IV ASDEKSI tahun 2010 sebagai upaya memberi dukungan peningkatan kinerja di Sekretariat DPRD dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang tertib, efisien, efektif, transparan dan akuntabel, pada tanggal 28 April – 1 Mei 2010 bertempat di Jogjakarta, kembali ASDEKSI menyelenggarakan ”Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Sosialisasi PP Nomor 16 Tahun 2010”. Beberapa materi akan diangkat seperti Teknis Penyusunan KUA – PPAS dan RKA serta Sosialisasi beberapa regulasi yang baru dihadirkan pada kegiatan tersebut.

Pada sesi pertama dan Kedua Drs. Teuku Aliman-Widyaiswara Utama Depdagri yang hadir mengisi materi “Teknik Penyusunan KUA dan PPAS sesuai Permendagri No.59 tahun2007 dan Teknis penyusunan anggaran belanja DPRD dan teknis penyusunan RKA SKPD Sekretariat DPRD” mendapat respon positif dari peserta.

Selanjtnya sore hari saat sesi IV Khairiansyah Salman membawakan materi “Peran Setwan Dalam Mendukung Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK oleh DPRD”. Materi ini diangkat sebagai bahan supporting di sekretariat DPRD terkait berlakunya Permendagri No. 13 tahun 2010

Sukaca SH dari OTDA Kemendagri membawakan materi “Sosialisasi PP No. 16 Tahun 2010 Tentang Tata Tertib DPRD dan Sistem/Mekanisme Rekruitmen Tenaga Ahli”.

Sementara pada saat sesi terakhir Kegiatan Kapita Selekta “Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan daerah (Setwan Bertanya BPK Menjawab) menghadirkan narasumber dari BPK. Hadir pada kesempatan tersebut kepala BPK perwakilan Bambang …………beberapa permasalahn seperti kesalahn anggaran, pengajuan anggaran, perhitungan pajak, manajemen SPPD-perjalanan dinas, tenaga ahli, pelaporan keuangan sesuai sistem akuntansi, pertanggungjawaban pengeluaran BOP, dan pengembalian TKI. (MIMBAR ASDEKSI)

DSC_2044DSC_2045DSC_2047DSC_2048DSC_2500