ASDEKSI Gelar Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional IX

ACDSee PDF Image.

Dalam upaya merealisasikan amanat MUNAS V ASDEKSI di Jakarta tahun 2015 dan Rakernas VIII di kota Batam tahun 2016, pada 18 – 21 Mei 2017 bertempat di Hotel Harris Ciumbuleuit – Bandung dilaksanakan Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional IX ASDEKSI. Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Profesionalisme Setwan Sebagai Aparatur Sipil Negara Dalam Mendukung Pelaksanaan Fungsi – Fungsi DPRD” dimaksudkan untuk menjaga semangat kolektif dalam meningkatkan pengetahuan anggota ASDEKSI tentang transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman anggota ASDEKSI tentang pentingnya pencegahan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan APBD.

Seminar Nasional dan RAKERNAS IX ASDEKSI ini sangat penting dan strategis karena merupakan sarana untuk merumuskan program kerja berkelanjutan serta rekomendasi internal dan eksternal organisasi. Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana membangun komunikasi dan berbagi informasi diantara sesama anggota ASDEKSI guna meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DPRD.

Disamping itu forum Seminar Nasional dan RAKERNAS IX ASDEKSI juga menjadi wahana bagi anggota ASDEKSI untuk mendapatkan pencerahan dari narasumber yang berkompeten dibidangnya, tentunya ini penting bagi anggota ASDEKSI sebagai bekal dalam menjalankan tugas – tugas selaku supporting system bagi DPRD agar tercipta aparatur Sekretariat DPRD yang handal dan profesional di bidangnya.

ACDSee PDF Image.

Optimalisasi peran dan fungsi DPRD Kabupaten/Kota dalam menjalankan tugas tugas Pemerintahan tidak dapat di maknai melalui variabel tunggal sebagai suatu entitas kelembagaan legislatif semata, namun tidak dapat dipungkiri sangat dipengaruhi oleh kinerja sekretariat DPRD dalam memberikan daya dukung manajerial, tentunya catatan keberhasilan maupun kegagalan DPRD Kabupaten/Kota amat ditentukan oleh besar kecilnya dukungan sekretariat dewan sebagai bagian dari supporting system DPRD Kabupaten/Kota. Dalam hal ini peran sekretariat DPRD tidak berhenti sampai pada fungsi dukungan teknis administrasi saja, namun juga terpersonalisasi di dalam posisi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota itu sendiri.

Kedudukan Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota menjadi demikian penting dan strategis dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah di era otonomi daerah saat ini, yang tidak sekedar menjadi pejabat pemerintah yang menyelenggarakan dukungan teknis administrasi terhadap anggota dewan melalui mekanisme birokrasi semata, namun kedudukan dan kewenangan yang dimiliki Sekretaris DPRD, turut berada dalam konstelasi relasional antara Pemerintah Daerah yang direpresentasikan oleh Bupati/Walikota dan DPRD Kabupaten/Kota.

Relasi antara kepala daerah dengan DPRD dalam konfigurasi penyelenggaraan pemerintahan daerah berada dalam mekanisme check and balances dan bersifat kemitraan, dimana posisi Sekretaris DPRDKabupaten/Kota berpotensi untuk memfasilitasi terwujudnya titik keseimbangan pola hubungan antara Bupati/Walikota yang memimpin Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan DPRD Kabupaten/Kota sebagai mitra yang sejajar.

ACDSee PDF Image.

Dengan demikian, seorang Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota tidak hanya dituntut memiliki kapasitas sebagai seorang birokrat yang menguasai mekanisme administrasi sekaligus perlu memiliki kepekaan politik (political awareness) yang tinggi, mampu memberikan dukungan dalam rangka pelaksanaan tupoksi selaku dinamisator, komunikator dan mediator bagi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah namun dengan tetap menjunjung tinggi netralitasnya selaku aparatur sipil negara.

Berangkat dari kedudukan Sekretaris DPRD yang demikian sentral dan penting dalam penyelenggaran Pemerintahan Daerah maka ASDEKSI sebagai wadah berhimpun bagi Sekretaris DPRD kab/Kota merasa perlu menunjukkan komitmennya dari waktu ke waktu untuk terus membangun semangat kolektif di dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kinerja Sekretariat DPRD dalam rangka pelaksanaan tupoksi selaku dinamisator, komunikator, dan mediator dalam membantu dan memfasilitasi kelancaran tugas dan fungsi DPRD. @red.tim liputan nirfan, jack, akub, cindy

Note:
Terkait detail pelaksanaan kegiatan dapat dibaca di sini.