Audiensi Pengurus ASDEKSI dengan BADIKLAT KEMENDAGRI

Dalam rangka persiapan fasilitasi kegiatan DPRD oleh sekretariat DPRD pasca pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2014-2019, Dewan Pengurs ASDEKSI pada 23 Mei 2014 melakukan audiensi dan konsultasi dengan Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut ketua umum ASDEKSI bersama beberapa jajaran pengurus menyampaikan harapan agar aturan terkait orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD hasil pemilu legislatif 2014 dibuat tertulis dan bisa disosialisasikan ke daerah sebelum pengambilan sumpah/janji DPRD Kab./Kota pada awal bulan Agustus 2014. Baca selengkapnya »

Rapat Dengar Pendapat PANSUS RUU No. 27 Tahun 2009

R abu, 21 Mei 2014, Dewan Pengurus ASDEKSI menghadiri undangan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan pansus rancangan Undang-Undang No. 27 tahun 2009 Tentang MPR, DPR, DPD, DPRD. Dewan pengurus ASDEKSI yang diwakili Widyo Prayitno, Syahrul Koswara, Tri Puguh dan Ketua ASDEKSI Korwil Jawa Tengah, Achmad Mualif beserta staf Seknas ASDEKSI menyampaikan beberapa masukan atau pandangan terkait revisi beberapa pasal pada UU No.27 Tahun 2009. Baca selengkapnya »

Seminar dan RAKERNAS VII Semarang Mei 2014

Bertempat di kota Semarang, Seminar dan Rapat Kerja Nasional VII ASDEKSI yang diselenggarakan 7 – 10 Mei 2014 berlangsung lancar dan berhasil menetapkan program kerja 2014-2015. Selain seminar yang menghadirkan Prof. Maswadi Rauf dan Prof. R. Siti Zuhro, RAKERNAS VII kali ini juga merekomendasikan beberapa poin penting permasalahan di sekretariat DPRD. Baca selengkapnya »

Persiapan RAKERNAS VII

Jelang Rapat Kerja Nasional VII, Pengurus Sekretariat Nasional (SEKNAS) Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) telah mengambil beberapa langkah persiapan, salah satunya adalah dengan melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Semarang. Sebagai agenda organisasi, Kegiatan RAKERNAS yang dilaksanakan setahun sekali, merupakan forum yang dihadiri anggota ASDEKSI dalam rangka mempersiapkan program kerja 2014/2015. Baca selengkapnya »

RAKORNAS ASDEKSI Maret 2014

Kegiatan RAKORNAS ASDEKSI 2014 yang dilaksanakan di kota Padang tanggal 19-21 Maret 2014, telah dihadiri 19 Pengurus Wilayah dari 32 Pengurus Wilayah di seluruh Indonesia. Sebagai suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan rapat kerja nasional/RAKERNAS ASDEKSI, Rakornas ditingkat Pengurus Nasional dengan Pengurus Wilayah, dimaksudkan untuk membahas persoalan organisasi dan persoalan-persoalan yang dihadapi setwan di daerah. Sebagai wujud dari pelaksanaan RAKORNAS 2014, beberapa poin penting telah dirumuskan sebagai bahan materi untuk dibawa ke RAKERNAS VII ASDEKSI di Semarang pada bulan Mei 2014. Baca selengkapnya »

Kelembagaan DPRD dan Sistem Pendukung DPRD

“keberhasilan maupun kegagalan DPRD Kabupaten/Kota amat ditentukan pula oleh kuat-lemahnya dukungan sekretariat dewan sebagai bagian dari supporting system DPRD Kabupaten/Kota.”

Baca selengkapnya »

Pertanggungjawaban Keuangan Sekretariat DPRD dalam Kerangka Pemeriksaan Keuangan oleh BPK

Mengawali tahun 2014, pada tanggal 13-16 Februari, ASDEKSI menyelenggarakan kegiatan peningkatan SDM aparatur sekretariat DPRD di kota Manado. Ir. MHF Sendoh, Sekretaris kota Manado, yang membuka Workshop Nasional Asdeksi menyampaikan terima kasih dan menyambut baik pelaksanaan acara ASDEKSI diselenggarakan di kota Manado. meskipun kota Manado dan sekitarnya sempat lumpuh akibat bencana banjir bandang. Lebih jauh ia juga berpesan agar kegiatan peningkatan kapasitas staf sekretariat terus ditingkatkan dalam rangka mendukung kerja DPRD. Baca selengkapnya »

Wajar Tanpa Pengecualian = Bebas Korpsi ?

“Dukungan sekretariat jenderal terhadap tugas dan fungsi DPR RI mengalami perubahan yang cukup besar dari era tahun 80an sampai saat ini. Jika pada tahun 80an Setjen sebagai unsur pelayan DPR RI maka pada era tahun 2000, dukungan Setjen DPR RI tidah hanya sebatas memberikan dukungan Teknis, Administratif, dan Keahlian tapi juga telah tersistem dan terstruktur secara bertahap, berkinerja tinggi dan terukur”. Demikian gambaran perkembangan peran Setjen DPR RI yang disampaikan Sekretaris Jenderal DPR – RI, Dr. Winantuningtyas Titi Swasanany, SH., M.Si. pada saat workshop nasional ASDEKSI di Makassar. Baca selengkapnya »

Etika Komunikasi: Menyatakan Ketidaksetujuan Tanpa Konflik

“Selain sikap, penampilan dan gaya bicara yang baik, seseorang dalam menjalin komunikasi juga harus ramah, memulai percakapan dengan salam untuk menyapa, kata yang sopan, terbuka dan jangan menyalahkan atau membuat malu lawan bicara.” Demikian disampaikan Dra. Henny S Widyaningsih, M.Si saat mengisi materi workshop nasional ASDEKSI di Bali September 2013. Baca selengkapnya »

RAKORNAS ASDEKSI 2013

Asosiasi Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) pada tanggal 6 hingga 7 April 2013 di Lombok. RAKORNAS tersebut bertema:

DENGAN RAKORNAS ASDEKSI 2013
KITA SUKSESKAN RAKERNAS VI ASDEKSI
MENUJU PENINGKATAN SUPPORTING TRIFUNGSI DPRD
DALAM MENYONGSONG PEMILU 2014

Baca selengkapnya »