RAKORNAS ASDEKSI 2013

Asosiasi Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) pada tanggal 6 hingga 7 April 2013 di Lombok. RAKORNAS tersebut bertema:

DENGAN RAKORNAS ASDEKSI 2013
KITA SUKSESKAN RAKERNAS VI ASDEKSI
MENUJU PENINGKATAN SUPPORTING TRIFUNGSI DPRD
DALAM MENYONGSONG PEMILU 2014

Baca selengkapnya »

WORKSHOP NASIONAL: Peningkatan Kapasitas Aparatur Sekretariat DPRD Kab./Kota Seluruh Indonesia

Sekretariat Nasional ASDEKSI telah menyelenggarakan Workshop Nasional bertema “Peningkatan Kapasitas Aparatur Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia” di Lombok, Mataram, pada tanggal 3 hingga 6 April 2013. Baca selengkapnya »

Workshop: Peningkatan kapasitas aparatur Sekretariat DPRD

Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) telah menyelenggarakan Workshop Nasional dengan tema “Peningkatan kapasitas aparatur Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia”. Workshop ini berlangsung pada tanggal 14 – 17 Februari 2013 di Hotel Santika Dyandra Medan.

Pada workshop tersebut beberapa materi disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya, masing-masing materi tersebut adalah:

Baca selengkapnya »

Syukuran Ulang Tahun ASDEKSI

11-tahun-asdeksi1890233616 Baca selengkapnya »

Workshop Nasional dan Info Fair KOPEL

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan program pembangunan yang tertuang dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Nasional) tahun 2010-2014 yang mengarah pada pencapaian target Sasaran Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals / MDGs) tahun 2015. Atas dasar itu Pemerintah Daerah diharapkan dapat melakukan inovasi pembangunan di daerah yang berbasiskan pada pengelolaan keuangan yang akuntabel untuk mendukung pemerintah pusat dalam mewujudkan target MDGs. Baca selengkapnya »

Perspektif Pemeriksaan dan Akuntabilitas Penilaian Atas Hasil Audit BPK Serta Peran Setwan dalam Pembuatan Produk Hukum DPRD

Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) baru saja menyelengggarakan Workshop Nasional di Semarang. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27 – 30 September 2012 tersebut dilaksanakan untuk membekali para anggota terkait “Perspektif pemeriksaan dan akuntabilitas penilaian atas hasil audit BPK” dengan pembicara dari BPK. Baca selengkapnya »

APBD 2013 BISA DITETAPKAN SEBELUM 31 DESEMBER 2012

“Banyak manfaat yang bisa diperoleh daerah bila penyusunan APBD tepat waktu. Menyatunya perencanaan dengan anggaran akan mendorong program pembangunan daerah berjalan baik . Dan itu bisa tercapai jika ada peran aktif dari sekwan dalam mengawal jadwal penyusuna APBD”. Demikian disampaikan Ach Bakir Al Afif Haq dari Direktorat Keuangan Daerah KEMENDAGRI yang menjadi narasumber Penyusunan APBD TA 2013. Kegiatan ASDEKSI yang berlangsung di Hotel The Rich Jogja, Jogjakarta dari tanggal 4 – 7 Juli 2012 mengusung tema “Penyusunan APBD tahun anggaran 2013 serta pengawasan DPRD terhadap tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK“. Baca selengkapnya »

Workshop dan Sarasehan Nasional Desember 2011

Mengambil tema ‘Peran Setwan sebagai Mediator Dalam Membangun Mekanisme Hubungan Kerja Kemitraan Antara Pemerintah Daerah dengan DPRD dan Sarasehan membangun Setwan ideal’ Asdeksi menutup rangkaian acara peningkatan SDM untuk tahun 2011 di Surabaya. Sesuai dengan tema utama, acara yang berlangsung dari tanggal 1- 4 Desember 2011 menghadirkan narasumber dari Direktorat Otonomi Daerah Kemendagri yaitu Dodi Riyadmadji-Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga. Baca selengkapnya »

Satu Dasawarsa ASDEKSI “Terima Kasih Indonesia”

10th asdeksi-2-ed

Di usianya yang masih relatif muda, Asdeksi yang berulang tahun 9 November 2011 akan terus bertekad untuk membangun silaturrahmi, mengembangkan informasi dan meningkatkan komunikasi dalam upaya meningkatkan kompetensi anggotanya. Demikian disampaikan ketua umum Asdeksi Drs Aminuddin latif yang juga mengharapkan dukungan dari seluruh anggota dan seknas Asdeksi untuk meneruskan cita-cita luhur pendiri Asdeksi 10 tahun lalu. Baca selengkapnya »

Workshop Bali 14-17 Oktober 2011

“Meskipun saat ini banyak masalah yang kita hadapi, hukum harus tetap ditegakkan. Sebagai contoh kasus korupsi, aturan hukum dan pengadilannya telah dibuat tapi sampai saat ini masih banyak orang yang melakukan korupsi apalagi bagaimana jika tidak ada aturan hukumnya. Terkait banyaknya orang yang diperiksa Kejaksaan, itu karena adanya kasus dan telah cukup bukti untuk diperiksa. Mengenai adanya Jaksa yang nakal, Kejaksaan akan mencari bukti dan akan memeriksa Jaksa yang bersangkutan. Di intern Kejaksaan ada komisi kejaksaan yang akan menindaklanjuti. Demikian beberapa jawaban yang disampaikan Wakajati Bali pada saat dialok dengan peserta acara workshop Nasional ASDEKSI “Membangun Kapasitas Kelembagaan Sekretariat DPRD Dalam Rangka Optimalisasi Supporting Sistem DPRD ini berlangsung dari tanggal 14 -17 Oktober 2011 di Sanur Bali. Baca selengkapnya »