Seminar dan Musyawarah V ASDEKSI

Pelaksanaan Seminar Nasional dan Musyawarah Nasional V Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Seminar Nasional dan MUNAS V ASDEKSI) 28 – 31 Mei 2015 di Jakarta merupakan amanah Musyawarah Nasional IV Asosiasi Sekretaris DPRD Kab./Kota Seluruh Indonesia (MUNAS IV ASDEKSI) 18 – 21 Mei 2012 di Jakarta dan Rapat Kerja Nasional VII tanggal 7 – 10 Mei 2014 di Semarang serta Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) tanggal 10 – 11 April 2015 di Bali. Baca selengkapnya »

Workshop Nasional ASDEKSI Malang Februari 2015

asdeksi-malang-februari-2015-ed

“Peningkatan efektivitas humas DPRD dapat dicapai melalui pelatihan bagi setiap staf Humas, khususnya dalam bidang ilmu komunikasi, dan jurnalistik. Begitu pula pimpinan Dewan dan semua anggota Dewan, harus menghormati Bagian Humas, dan menciptakan kondisi positif bagi Staf Humas dalam menjalankan Tupoksinya secara optimal. Humas harus “akrab” dengan pers; upayakan menanggapi setiap pertanyaan wartawan, jangan sering-sering jawab ‘non comment’, apalagi berbohong.” Demikian tanggapan Prof. Dr. Tjipta Lesmana, M.A. Guru Besar Komunikasi Politik-UPH, saat dialok dengan peserta acara workshop nasional ASDEKSI yang berlangsung di kota Malang, 12-15 Februari 2015. Baca selengkapnya »

Workshop Yogyakarta Desember 2014

IMG_2647-ed

Untuk mensosialisasikan undang-undang tentang Pemerintahan Daerah dan UU / Perpu tentang Pemilihan Kepala Daerah serta memberikan workshop terkait tugas dan fungsi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota, ASDEKSI menyelenggarakan kegiatan dengan tema “Penyusunan Lakip dan Pertanggungjawaban Keuangan serta Peran Setwan dalam mendukung Fungsi Pembentukan Peraturan Daerah”. Baca selengkapnya »

Workshop Nasional ASDEKSI, Banjarmasin, Oktober 2014

foto-bareng-effendi

Bertempat di Kota Banjarmasin, ASDEKSI kembali menyelenggarakan workshop dengan tema “Peran Setwan Sebagai Mediator dalam Membangun Mekanisme Hubungan Kerja Kemitraan Antara DPRD Hasil Pemilu 2014 dengan Kepala Daerah serta Cara Mengantisipasi Resiko dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”. Baca selengkapnya »

Renstra, Renja, dan Anggaran Sekretariat DPRD

“DPRD sebagai lembaga daerah dan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah tidak  harus membuat Renstra karena tidak ada aturan yang mengatur supaya menyusun Renstra DPRD. ini berarti renstra DPRD sebagai lembaga, menyatu dengan renstra sekretariat DPRD yang mengacu kepada RPJMD. Penyusunan  renstra SKPD  berpedoman  pada  RPJMD  dan  bersifat indikatif.”

Demikian pengantar materi terkait restra dan renja SKPD yang disampaikan oleh Drs. Teuku Aliman dari Widyaiswara Utama Badan Diklat Kemendagri saat mengisi acara workshop Nasional ASDEKSI di Batam. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 14-17 September 2014 ini mengambil tema ”Peningkatan Kapasitas Aparatur Setwan dalam Penyusunan Renstra dan Renja serta Sosialisasi Perubahan Undang – Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD dan PP tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD”. Baca selengkapnya »

Workshop Nasional Jakarta 19-22 Juni 2014

Pelaksanaan tanggal 19 – 22 Juni 2014 bertempat di Hotel Merlynn Park Jakarta dilaksanakan Workshop Nasional ASDEKSI ”Peran Setwan dalam penyusunan tata tertib, kode etik dan pembentukan alat kelengkapan DPRD serta mekanisme dan tatacara pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2014 – 2019”. Dengan materi kegiatan sebagai berikut: Baca selengkapnya »

Audiensi Pengurus ASDEKSI dengan BADIKLAT KEMENDAGRI

Dalam rangka persiapan fasilitasi kegiatan DPRD oleh sekretariat DPRD pasca pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2014-2019, Dewan Pengurs ASDEKSI pada 23 Mei 2014 melakukan audiensi dan konsultasi dengan Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut ketua umum ASDEKSI bersama beberapa jajaran pengurus menyampaikan harapan agar aturan terkait orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD hasil pemilu legislatif 2014 dibuat tertulis dan bisa disosialisasikan ke daerah sebelum pengambilan sumpah/janji DPRD Kab./Kota pada awal bulan Agustus 2014. Baca selengkapnya »

Rapat Dengar Pendapat PANSUS RUU No. 27 Tahun 2009

R abu, 21 Mei 2014, Dewan Pengurus ASDEKSI menghadiri undangan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan pansus rancangan Undang-Undang No. 27 tahun 2009 Tentang MPR, DPR, DPD, DPRD. Dewan pengurus ASDEKSI yang diwakili Widyo Prayitno, Syahrul Koswara, Tri Puguh dan Ketua ASDEKSI Korwil Jawa Tengah, Achmad Mualif beserta staf Seknas ASDEKSI menyampaikan beberapa masukan atau pandangan terkait revisi beberapa pasal pada UU No.27 Tahun 2009. Baca selengkapnya »

Seminar dan RAKERNAS VII Semarang Mei 2014

Bertempat di kota Semarang, Seminar dan Rapat Kerja Nasional VII ASDEKSI yang diselenggarakan 7 – 10 Mei 2014 berlangsung lancar dan berhasil menetapkan program kerja 2014-2015. Selain seminar yang menghadirkan Prof. Maswadi Rauf dan Prof. R. Siti Zuhro, RAKERNAS VII kali ini juga merekomendasikan beberapa poin penting permasalahan di sekretariat DPRD. Baca selengkapnya »

Persiapan RAKERNAS VII

Jelang Rapat Kerja Nasional VII, Pengurus Sekretariat Nasional (SEKNAS) Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) telah mengambil beberapa langkah persiapan, salah satunya adalah dengan melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Semarang. Sebagai agenda organisasi, Kegiatan RAKERNAS yang dilaksanakan setahun sekali, merupakan forum yang dihadiri anggota ASDEKSI dalam rangka mempersiapkan program kerja 2014/2015. Baca selengkapnya »